Monday, November 4, 2019

Ciri Smartphone Android Terkena Virus




Virus tak hanya berpotensi menyerang PC atau laptop. Melainkan smartphone. Meskipun memperoleh jaminan keamanan dari Google, terkadang keamanan tersebut mampu dibobol oleh virus. Penyebabnya karena kerap mengunduh aplikasi atau file dari sumber yang tidak jelas.

Smartphone pun akan terserang malware. Malware ini akan membuat data bisa tercuri, kuota internet cepat habis, hingga membuat operasional smartphone terganggu karena aktivitas file yang tidak dikenali.

Smartphone yang terkena virus juga menghadirkan sejumlah ciri-ciri yang bisa dikenali. Jika anda mengenali dulu apa saja ciri-cirinya, anda bisa cepat tanggap dalam mengatasi masalah tersebut. Ancaman virus pun mampu diredam dan tidak cepat menyebar sehingga memperparah kerusakan ponsel. Untuk antisipasi, kenali terlebih dulu bagaimana ciri-ciri ponsel yang terkena virus. Berikut beberapa ulasan ciri-cirinya ponsel android terkena virus yang bisa anda kenali.

Berbagai Ciri Android Terkena Virus
1. Sering muncul pop-up
Virus yang masuk ke smartphone bisa berbentuk adware. Adware akan memunculkan pop-up yang bertujuan mengarahkan anda ke situs yang mencurigakan. Jangan asal klik iklan tersebut karena sangat berbahaya. Anda harus ingat aplikasi apayang anda unduh. Cek aplikasi yang sekiranya membawa adware. Uninstall aplikasi tersebut untuk menghentikan tampilan pop-up di ponsel anda.

2. Pemakaian Internet yang Mendadak Tinggi
Kuota internet cepat habis sementara penggunaannya normal, bisa jadi virus adalah faktor penyebab utamanya. Virus yang menyamar menjadi aplikasi akan menggerus kuota lebih banyak dari biasanya.

Selain itu kuota pun cepat habis sebab virus kerap menampilkan iklan atau mengirim informasi. Cek aplikasi apa yang menggunakan banyak kuota. Jika memang ada aplikasi asing, jangan ragu untuk meng-uninstallnya. Sebab jika dibiarkan terus akan membuat anda terus merugi.

3. Baterai Cepat Habis
Selain karena baterai bocor, dayanya yang cepat habis bisa disebabkan karena smartphone terjangkit virus. Virus akan membuat kinerja smartphone menjadi beberapa kali lebih keras. Hal ini akan membuat daya baterai cepat habis.

Segera uninstall aplikasi yang mencurigakan atau yang menghabiskan banyak baterai. Kemungkinan smartphone di-hack juga bisa terjadi karena kapasitas dayanya akan terbagi sehingga baterai pun lebih cepat habis.

4. Muncul aplikasi asing
Malware yang masuk ke smartphone bisa diwujudkan melalui aplikasi asing. Melalui aplikasi ini, mereka akan memperbanyak diri dan merusak sistem operasional android anda. Biasanya aplikasi asing ini memiliki nama yang tidak jelas. anda pun akan kesulitan menghapusnya secara manual. Perlu masuk ke recovery mode untuk menghapus aplikasi tersebut. Jika recovery mode tidak berhasil, kembali ke pengaturan pabrik bisa anda coba untuk mengatasinya.

Jika anda mengalami ciri-ciri diatas, sebaiknya segera install aplikasi anti virus dan lakukan beberapa langkah lainnya untuk menghilangkan virus tersebut. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment