Monday, November 4, 2019

Fitur Tersembunyi Android Oreo Yang Menarik Dicoba


Android Oreo merupakan salah satu sistem operasi yang terbaru. Meskipun sudah mulai release versi Android Pie, versi Oreo masih terbilang baru. Banyak sekali pembaruan menarik dari fitur ini. Pembaruan ini akan memudahkan Anda dalam mengakses berbagai hal. Mulai dari keamanan, notifikasi, tampilan, dll. Namun tidak semua pemilik ponsel dengan OS ini mengenali apa saja fitur tersembunyinya. Alhasil fitur tersebut tidak digunakan secara maksimal.

Padahal fungsi utamanya sangat membantu operasional ponsel Anda. Ada banyak fitur tersembunyi dengan pengaturan khusus yang bisa kita coba. Kebanyakan fitur tersebut memang harus diaktifkan terlebih dulu. Jika Anda tahu apa saja penggunaan fitur-fitur tersebut, operasional ponsel pun lebih cepat dan Anda bisa merasakan kecanggihan OS terbaru ini secara maksimal. Berikut ulasan lebih lanjut untuk pilihan fitur tersembunyi yang ada di Android Oreo.

Pilihan Fitur Tersembunyi Android Oreo
1. External Sources
Peningkatan sistem keamanan pada OS ini makin maksimal. Terbukti dengan adanya fitur ecternal sources. Fitur tersebut bermanfaat memberikan izin atau memblokir aplikasi yang diinstal dari sumber selain Play Store. Anda bisa mengelola aplikasi yang memiliki izin external sources. Caranya masuk ke Settings kemudian tekan Apps & Notification. Setelah itu tekan Special App Access dan pilih Instal Unknown Apps.

2. Ubah Shape Ikon Aplikasi
Mengubah ukuran ikon aplikasi bermanfaat agar tampilan android lebih menarik serta sesuai dengan keinginan serta bentuk layar. Mengubah ukuran ikon aplikasi sebenarnya sudah dikenal. Namun fitur tersebut tidak ada di pengaturan seperti biasa. Untuk melakukan pengubahan ukuran, Anda bisa mengetuk atau menahan di space kosong homescreen. Kemudian ketuk Settings dan tekan Change icon shape. Setelah itu pilih bentuk yang Anda inginkan.

3. Notification Dots
Notification Dots jika diaktifkan akan menampilkan ikon aplikasi yang memiliki notifikasi di layar utama atau drawer. Tampilannya akan mengeluarkan semaam badge kecil sehingga pengguna lebih mudah melakukan tindakan untuk notifikasi tersebut. Pengguna bisa memeriksa notifikasi tanpa harus melihat secara keseluruhan notifikasi yang muncul di status bar. Tekan menu Settings kemudian pilih Apps & Notification dan aktifkan tombol Allow notification dots.

4. Notification Channels
Notification Channles bermanfaat mengelompokan notifikasi berdasarkan kategori. Anda bisa menetapkannya berdasarkan prioritasnya. Kemudahan dalam mengelola notifikasi pun makin optimal dengan hadirnya notification channel ini. Anda bisa melakukan swipe notifikasi ke kiri atau ke kanan. Kemudian klik ikon gear dan pilih All Categories untuk menjelajah lebih lanjut terkait pengelompokan kategori notifikasinya.

5. Wi-Fi Assistant dan Google VPN
Fitur Wi-Fi Assistant bermanfaat membantu android agar makin otomatis terhubung ke jaringan Wi-Fi terbuka. Fitur tersebut juga mampu menghubungkan perangkat ke VPN untuk meningkatkan keamanan. Mengaktifkan fitur tersebut cukup klik menu Settings kemudian tekan Network & Internet dan tekan Wifi. Setelah itu pilih Wifi Preferences dan aktifkan Connect to Open Networks.

Demikian beberapa opsi fitur tersembunyi Android Oreo yang menarik untuk digunakan. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment