Tuesday, November 5, 2019

Tips Agar Tidak Repot Ketika Ganti Smartphone Android


Kebanyakan orang merasa berat mengganti smartphonenya. Sebab mereka akan kehilangan data, nomor, password, dll. Selain itu repot karena harus memindah data juga membuat kebanyakan orang berat mengganti ponselnya.

Padahal dengan cara yang mudah, kita tetap bisa mengganti ponsel tanpa perlu kerepotan lagi. Yang terpenting adalah ingat akun gmail dan password yang terpasang pada ponsel lama. Hal ini akan memudahkan Anda dalam sinkronisasi data dan pemulihannya.

Anda pun bisa lebih leluasa berganti ponsel tanpa perlu repot memindahkan data, kehilangan chat, kontak, hingga file. Semuanya bisa dipindahkan melalui fitur pencadangan. Kemudian Anda bisa login ke akun gmail di ponsel lama pada smartphone baru. Data pun akan kembali lagi sehingga ponsel baru bisa lebih mudah digunakan. Nah jika Anda penasaran apa saja tips mengganti smartphone android, berikut beberapa caranya agar Anda tidak repot lagi.

Tips Anti Repot Ketika Ganti Smartphone
1. Gunakan Aplikasi Password Manager
Jika Anda memiliki banyak aplikasi yang berpassword, tentu melelahkan jika harus memasukannya ulang di ponsel baru. Anda bisa menggunakan Password Manager untuk memudahkan memasukan password pada aplikasi di ponsel baru. Selain itu aplikasi ini juga mencegah Anda dari lupa password. Ponsel pun akan lebih cepat beroperasi kembali tanpa waktu setting yang lebih lama.

2. Simpan Foto dan Video di Cloud
Jika koleksi foto dan video di hp lama ada di memori internal, sebaiknya simpan di penyimpanan online seperti cloud. Dengan cara ini, Anda bisa menghapus foto dan video di hp lama dan bisa mendapatkannya kembali di hp yang baru. Anda bisa mengakses file tersebut menggunakan hp baru. Selain itu fitur cloud juga terbilang aman dan menarik sebagai tempat backup data secara gratis dan tak terbatas.

3. Cadangkan Data Aplikasi Pesan
Meskipun menggunakan smartphone baru, Anda tetap bisa mendapatkan chat yang tidak hilang. Caranya dengan mencadangkan aplikasi pesan. Misalnya saja WhatsApp. Anda bisa melakukan backup secara berkala agar proses pencadangan lebih cepat.

Selain teks, mencadangkan data juga bermanfaat untuk foto, audio dan video agar tidak terhapus meskipun ganti ponsel. Baiknya gunakan koneksi Wifi agar proses backup lebih lancar.

4. Backup Data
Jika kita masih mengingat akun gmail dan password yang terpasang pada ponsel lama, maka Anda bisa menggunakannya untuk melakukan backup data. Nantinya di ponsel baru, Anda bisa log-in ke akun tersebut dan mendapatkan cadangan datanya.

Android memiliki setelan untuk melakukan backup secara otomatis. Klik menu Setting kemudian pilih Buat Cadangan dan Setel Ulang. Anda bisa memilih pemulihan otomatis. Data dan berbagai hal lainnya agar tersimpan dan bisa Anda akses lagi di ponsel baru.

5. Simpan Semua Kontak di Alamat Email
Fungsi dasar email pada android sebagai identitas resmi. Jangan lupakan passwordnya karena akan membuat proses pencadangan lebih mudah. Termasuk dalam mencadangkan kontak. Anda tetap mendapatkan kontak lama di ponsel baru jika menyimpannya di alamat email yang terpasang di ponsel lama. Anda bisa memilih akun email sebagai media penyimpanan utama dibandingkan memori internal.

Cara diatas hanya berlaku jika Anda mengingat email dan password ponsel lama. Tinggal log in email dan password sebelumnya di ponsel baru, maka data dan berbagai pengaturan akan diakses lagi di ponsel baru.  

No comments:

Post a Comment