Tuesday, November 5, 2019

Tips Menggunakan Google Play Store Agar Lebih Berguna

Play Store memang sangat membantu dalam menyediakan aplikasi yang terpercaya. Sayangnya kebanyakan pengguna android hanya mengetahui Play Store untuk sebatas install aplikasi saja. Padahal banyak fitur lainnya yang bisa anda peroleh pada aplikasi ini.

Anda bisa mengecek versi terbaru, mengatur privasi, sampai bagaimana unduhan aplikasi berlangsung. Dengan mengetahui apa saja fitur dan cara menggunakan Play Store secara maksimal, penyedia aplikasi ini pun makin berguna.

Anda pun bisa mendapatkan banyak sekali manfaat dari setting tertentu ini. penggunaan smartphone juga lebih optimal jika Anda tahu apa saja fitur, manfaat, dan cara menggunakannya. Bahkan untuk beberapa pengaturan, Anda bisa mencegah orang lain menginstall aplikasi di ponsel Anda dengan bantuan setting tertentu dan optimasi fitur fingerprint.

Nah, bagi yang penasaran apa saja tips dalam menggunakan Play Store agar lebih berguna, berikut beberapa tipsnya untuk dicoba.

Tips Menggunakan Google Play Store
1. Cek Versi Terbaru
Aplikasi versi terbaru memberikan sejumlah fitur menarik dibandingkan versi lama. Termasuk Google Play Store. Cara mengetahui versi Play Store, anda bisa menekan ikon Menu di pinggir kiri. Masuk ke Setting kemudian cari Play Store Version. Tekan beberapa kali. Kemudian akan muncul pemberitahuan update. Anda bisa langsung melakukan update jika terdapat notifikasi dari menu satu ini.

2. Melihat Review Aplikasi
Review bermanfaat untuk menilai apakah sebuah aplikasi layak dipasang atau sebaliknya. Nah, anda bisa menyortir review yang ada pada sebuah halaman aplikasi. Pada halaman aplikasi tersebut, geser layar ke bawah dan tekan opsi Read All Reviews.

Pilih review dengan rating tertinggi di tombol paling kiri. Tombol paling kanan adalah review untuk versi aplikasi terbarunya. Anda bisa melihat review dengan rating terbanyak untuk menentukan apakah aplikasi layak digunakan atau sebaliknya.

3. Tandai Aplikasi Untuk Dipasang Nanti
Jika Anda menjumpai game atau aplikasi dengan kapasitas besar sementara tidak tersedia Wifi, Anda bisa memasukannya ke dalam wishlist. Tujuannya agar Anda bisa langsung mengunduhnya ketika menjumpai sumber Wifi. Cara memasukan aplikasi ke wishlist yakni dengan menekan ikon bookmark di sebelah nama aplikasi. Tekan menu garis tiga horizontal dan pilih wishlist.

4. Tidak Menambah Ikon Aplikasi Baru di Home Screen
Jika Anda tidak suka ikon aplikasi terlalu banyak di home screen, Anda bisa mencegahnya untuk ditampilkan pada home screen. Buka menu setting pada Play Store. Kemudian gulir ke bawah sampai Anda menemukan opsi Add Icon to Home Screen. Kemudian hilangkan tombol centang pada kotak pilihan tersebut. Aplikasi yang selesai diunduh pun tidak memunculkan ikon baru di bagian home screen.

5. Cegah Orang Lain Install Aplikasi
Cara satu ini penting untuk melindungi keamanan ponsel Anda. Terkadang ada yang jahil dengan sengaja mengunduh aplikasi tanpa sepengetahuan Anda. Agar proses instalasi hanya Anda saja yang melakukan, Anda bisa memasang dan mengatur menu otentifikasi serta verifikasi.

Masuk ke menu setting kemudian gulir ke bawah sampai menemukan opsi require authentication for purchase. Kemudian tekan opsi for all purchase trough Google Play on this device. Jika smartphone memiliki fitur fingerprint, Anda bisa menggunakan otentifikasi sidik jari juga.

Demikian beberapa tips menggunakan Play Store agar fitur satu ini makin berguna untuk Anda. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment